Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Boyong Tiga Keluarga Pengungsi Suriah ke Vatikan

Kompas.com - 16/04/2016, 20:13 WIB

ATHENA, KOMPAS.com - Tiga keluarga pengungsi Suriah kini tengah dalam perjalanan ke Italia dalam satu pesawat yang sama dengan Paus Fransiskus.

Pada Sabtu (16/4/2016), Paus Fransiskus mengunjungi para pengungsi Timur Tengah yang kini "terperangkap" di Pulau Lesbos, Yunani.

Ketiga keluarga itu adalah bagian dari para pengungsi yang terjebak di Yunani akibat kesepakatan kontroversial antara Uni Eropa dan Turki.

Di dalam kesepakatan itu diatur bahwa para pengungsi dan migran yang datang lewat Laut Aegea ditahan sambil menunggu nasib mereka.

Sementara itu, sebuah pernyataan resmi yang dirilis Vatikan mengatakan, ketiga keluarga itu terdiri atas 12 orang, termasuk enam orang anak-anak.

Vatikan menyebut, tiga keluarga yang dibawa langsung oleh Paus Fransiskus itu adalah bagian dari langkah simbolis agar negara lain menerima para pengungsi ini.

Sebuah rekaman menampilkan, ke-12 orang ini berjalan beriringan di landas pacu bandara Lesbos, sementara Paus Fransiskus menyampaikan ucapan perpisahan kepada para pemimpin Gereja Katolik dan Ortodoks yang mendampinginya selama kunjungan di Lesbos.

Paus dan rombongannya mengunjungi kamp penampungan Moria, yang dihuni hampir 3.000 orang pengungsi asal Timur Tengah.

Rombongan Paus juga berkunjung ke kota Mytilene, ibu kota Pulau Lesbos untuk memanjatkan doa mengenang ratusan orang pengungsi  yang tewas dalam perjalanan menuju ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com