Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Forbes" Sebut Menantu Putin sebagai Orang Muda Terkaya di Dunia

Kompas.com - 16/04/2016, 10:22 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

Sumber Forbes

MOSKWA, KOMPAS.com — Ganteng, muda, dan sangat kaya. Itulah sosok Kirill Shamalov, suami Katerina Tikhonova, putri kandung nomor dua Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kirill dinobatkan majalah Forbes sebagai miliarder muda Rusia dan orang muda terkaya di dunia. Kompas.com mengetahui hal itu dari situs majalah tersebut, Jumat (15/4/2016) malam. Forbes telah merilisnya pada 30 Maret lalu.

Usia Kirill genap 34 tahun pada Maret lalu. Menurut Forbes, para pejabat menolak untuk mengonfirmasi pernikahan dengan Tikhovova atau bahwa dia adalah putri Putin.

Kirill adalah putra bungsu pemegang saham Bank Rossiya, Nikolai Shamalov, seorang teman lama Putin. Kini ia menjadi pemegang saham terbesar kedua di petrokimia raksasa Sibur.

Raksasa petrokimia Rusia itu telah mendapat suntikan dana pada Desember 2015 ketika perusahaan China, Sinopec, membeli 10 persen saham Sibur sebesar 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 17,1 triliun.

Kirill merupakan jebolan hukum dari Universitas Negeri St Petersburg dan menjadi Wakil Presiden Sibur pada usia 26 tahun.

Pada tahun 2014, menurut Forbes, Kirill membeli saham di Sibur dari miliarder Gennady Timchenko, seorang teman lama Putin yang terkena sanksi atau masuk daftar hitam Amerika Serikat (AS).

Forbes mengatakan, jumlah orang kaya di Rusia telah menurun dari 88 orang pada tahun 2015 menjadi 77 orang pada tahun 2016.

Majalah tersebut mengatakan, menantu Putin itu terdaftar di antara 77 orang kaya Rusia. Ia juga adalah orang muda terkaya di dunia. Dalam rentang tiga tahun ini, kekayaannya meledak dengan nilai 1,3 miliar dollar AS atau Rp 17,1 triliun sehingga masuk Forbes Billionaires List 2016.

Faktor utama yang mendongkrak Kirill adalah faktor oligarki kekuasaan, yakni koneksi yang sangat dekat dengan orang paling berkuasa di Rusia, yakni Presiden Vladimir Putin.

Sumber mengatakan kepada media bisnis Rusia, harian Vedomosti, pada tahun 2011 bahwa Putin dan Shamalov bertemu pada 1980-an di KGB, badan keamanan Soviet, atau pada 1990-an, ketika Shamalov mendistribusikan teknologi medis Jerman sebagai wakil Siemens di Rusia.

Pada tahun 1996, Shamalov, Putin, dan enam orang lainnya mendirikan Ozero, sebuah vila hasil kerja sama mereka di dekat St Petersburg.

Semua anggotanya kemudian menduduki posisi teratas di pemerintah dan perusahaan strategis Rusia. Pada tahun 2004, Shamalov menjadi pemegang saham Bank Rossiya, sebuah bank besar Rusia di mana Putin adalah kliennya.

Nama Putin juga disebut-sebut dalam skandal "Panama Papers" karena beberapa anggota keluarga atau kroninya terlibat dalam kasus penggelapan pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com