Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemburu Monster Loch Ness Temukan "Bangkai Monster" di Danau

Kompas.com - 14/04/2016, 22:45 WIB

EDINBURGH. KOMPAS.com — Para pemburu monster Loch Ness atau Nessie telah menemukan tiruan atau model monster yang panjangnya sekitar sembilan meter.

Nessie adalah sebutan terhadap mitos tentang keberadaan monster yang disebut-sebut mendiami Danau Loch Ness di Skotlandia.

Mereka meyakini tiruan monster itu dibuang seusai digunakan sebagai piranti dalam film The Private Life of Sherlock Holmes, yang disutradarai Billy Wilder pada 1969.

Film ini juga dibintangi Sir Robert Stephens dan Sir Christopher Lee.

Model monster itu tenggelam di dasar danau selama hampir 50 tahun.

Para pemburu Nessie yang dipimpin peneliti Adrian Shine melakukan pencarian dengan sebuah robot penyelam yang dioperasikan Kongsberg Maritime, sebuah perusahaan Norwegia.

Alih-alih mau menemukan Nessie, makhluk mitos yang disebut-sebut mendiami Danau Loch Ness, mereka justru mendapati tiruan monster terdampar di dasar danau.

Proyek pencarian monster dan penelitian ilmiah tentang ekologi danau itu didukung oleh biro perjalanan VisitScotland and The Loch Ness Project milik Shine.

Shine mengatakan kepada situs BBC News Skotlandia, "Kami telah menemukan monster itu, tetapi mungkin tidak seperti yang diharapkan semua orang."

Tiruan monster itu terdiri dari bagian leher dan dua punggung lalu dibawa ke dermaga sebagai bagian dari shooting film tahun 1969.

"Sang sutradara tidak ingin ada bagian punggung dan meminta para kru film untuk menenggelamkan sisanya ke dasar danau. Saya menduga sisa-sisa bangkai itu memengaruhi daya apung benda di danau," kata Shine. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com