Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katy Perry Berpeluang untuk Pindah ke Biara Katolik di Los Angeles

Kompas.com - 14/04/2016, 18:12 WIB

LOS FELIZ, KOMPAS.com — Bintang pop Amerika, Katy Perry, berpeluang tinggal di bekas biara susteran Katolik di Los Feliz, Los Angeles, AS, setelah hakim membatalkan penjualan properti itu kepada pengusaha restoran.

Reuters, Kamis (14/4/2016), melaporkan, pengacara Perry dalam sebuah pernyataan menyambut gembira keputusan pengadilan Los Angeles, Rabu (13/4/2016).

Terbuka peluang bagi Perry untuk membeli bekas biara itu.

Sengketa real estat yang berbulan-bulan di Los Angeles telah melibatkan sekelompok biarawati, keuskupan, dan mantan penghuni biara bergaya Villa Roma itu.

Kasus ini telah melibatkan Perry, putri seorang pendeta Protestan dan salah satu bintang pop terlaris dunia, dan Keuskupan Agung Los Angeles melawan para biarawati dari Kongregasi Maria Immaculata (IHM).

Para biarawati yang pernah tinggal di biara itu ingin menjualnya kepada Dana Hollister, seorang pengusaha restoran ternama di Los Angeles.

Wakil dari para biarawati dan Hollister tidak menanggapi konfirmasi atas putusan pengadilan.

Michael Hennigan, pengacara Keuskupan Agung Los Angeles, mengatakan, hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles, Stephanie Bowick, telah menyetujui mosi keuskupan untuk membatalkan penjualan properti secara keseluruhan kepada Hollister.

Putusan resmi tidak akan tersedia sampai Rabu, pekan depan.

Biara itu, yang mencakup elemen Gothic dan Spanyol, dibangun pada tahun 1927 dan dibeli pada tahun 1972.

Lima biarawati dibiarkan menetap di sana berusia antara 77 tahun hingga 88 tahun. Namun, mereka semua telah pindah meninggalkan biara itu tahun 2011, dan sekarang mereka tinggal di tempat lain secara terpisah.

Perry, yang menjadi terkenal dengan lagu hit "I Kissed a Girl", menawarkan untuk membeli properti seluas 8 acre atau sekitar 3,3 hektar itu dengan harga 14,5 juta dollar AS atau setara Rp 191,52 miliar untuk direnovasi sebagai tempat tinggal pribadi.

Para biarawati telah menolak tawaran bintang pop berusia 31 tahun itu. Mereka lebih suka menerima tawaran yang lebih tinggi, 15,5 juta dollar AS dari Hollister, yang ingin mengubah bekas biara itu menjadi sebuah hotel.

John Scholnick, pengacara biarawati, mengatakan, pertarungan masih jauh dari selesai. Ia berpikir untuk banding atas putusan hakim pengadilan tinggi itu demi harga yang lebih tinggi agar para biarawati bisa membangun biara lain yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com