Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamal Hakrush, Muslim Pertama dengan Pangkat Tertinggi di Kepolisian Israel

Kompas.com - 14/04/2016, 13:19 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Seorang polisi keturunan Arab mendapat kenaikan pangkat hingga mencapai level tertinggi yang pernah dicapai seorang Muslim dalam kepolisian Israel.

Jamal Hakrush memulai pekerjaannya sebagai wakil komisioner setelah berbulan-bulan menangani kasus-kasus kekerasan antara warga Israel dan Palestina.

Dia akan bertugas mengawasi komunitas Arab yang selama ini dianggap tidak percaya terhadap segala hal terkait kebijakan atau tindakan kepolisian Israel.

Seperlima dari populasi Israel adalah warga keturunan Arab dan mereka kerap mengeluh bahwa kawasan yang mereka tinggali tidak terawasi dengan baik polisi dan mendapatkan layanan publik yang lebih buruk.

Keluhan mereka didukung Human Rights Watch (HRW) yang sudah merilis beberapa laporan menyoroti diskriminasi yang dihadapi warga Arab Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Wakil Komisioner Hakrush berasal dari desa Kafr Kanna, Galilea, akan memimpin kesatuan polisi yang baru didirikan untuk meningkatkan layanan polisi di komunitas masyarakat Arab. Demikian dikabarkan harian The Times of Israel.

Hakrush dilantik secara resmi untuk posisi barunya pada Rabu (13/4/2016) dalam sebuah upacara yang dihadiri Komisioner Kepolisian Israel, Roni Alsheich.

Salah satu tanggung jawab utama Hakrush adalah untuk menghentikan peredaran senjata ilegal di kalangan komunitas warga keturunan Arab.

Alsheich juga ingin Hakrush mengurangi kekerasan domestik, kasus pembunuhan dan berbagai kejahatan lain di wilayah warga keturunan Arab.

Dia dan pemerintah Israel ingin merekrut 1.300 petugas polisi baru dan mendirikan beberapa stasiun di pusat populasi Arab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com