Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ultah Kim Il Sung, Korut Siap Luncurkan Misil Balistik

Kompas.com - 14/04/2016, 12:58 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran sejumlah misil balistik jarak menengah, kemungkinan terkait dengan peringatan ulang tahun mendiang Kim Il Sung, Jumat (15/4/2016).

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengabarkan, militer Korea Utara sudah memindahkan satu atau dua misil balistik Musudan ke sekitar kota pelabuhan Wonsan, wilayah timur negeri itu, tiga pekan lalu.

"Sudah terdapat cukup bukti bahwa (Korea) Utara akan meluncurkan misil pada sekitar hari ulang tahun Kim Il Sung," demikian Yonhap mengutip seorang pejabat.

Korea Utara selalu memperingati hari kelahiran mendiang Kim Il Sung pada 15 April secara besar-besaran. Biasanya acara ini diwarnai parade militer yang memamerkan persenjataan mutakhir dan peluncuran misil.

Negeri yang memiliki senjata nuklir ini telah melakukan peluncuran sejumlah misil jarak pendek dan menengah, tetapi belum pernah menguji Musudan yang mampu mencapai jarak 4.000 meter.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan tidak memberikan keterangan lebih rinci meski telah mengatakan bahwa uji coba misil diperkirakan digelar pada Jumat ini.

Pada Selasa lalu, CNN mengabarkan, satelit intelijen AS menangkap tanda-tanda bahwa Korea Utara tengah mempersiapkan peluncuran misil balistiknya.

Namun, militer Korea Selatan tidak mau memberikan konfirmasinya terkait kabar dari CNN tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com