Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Pesawat Jatuh ke Rawa di Kiunga, 12 Tewas

Kompas.com - 14/04/2016, 09:31 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com -Sebuah pesawat jatuh di pedalaman Papua Nugini, dan menewaskan 12 orang, Rabu sore (13/4/2016). Saat kecelakaan terjadi pesawat itu sedang terbang di wilayah barat negara itu.

Berdasarkan laporan PNG Broadcasting Corporation, yang dikutip AFP, Kamis (14/4/2016), pesawat itu mengalami masalah mesin di tengah penerbangan, sebelum jatuh menukik.

Pesawat itu jatuh di kawasan rawa dekat landasan Kiunga.  "Kemarin terjadi tragedi, sebuah pesawat jatuh di sini," kata Komandan Kepolisian Kiunga Joe Puri kepada media setempat. 

"Pesawat kecil yang berangkat dari Oksapmin mengalami masalah sebelum mendarat dan jatuh menghantam rawa. Seluruh penumpang tewas termasuk pilotnya," kata dia. 

Disebutkan, ada tiga anak-anak yang menjadi korban. Sementara, media di Australia menyebut pilot yang membawa pesawat itu adalah warga Negara Australia. 

Kementerian Luar Negeri Australia hanya memberikan konfirmasi bahwa ada satu warga Australia yang bekerja di Sunbird Aviation Flight. Perusahaan itu adalah pemilik pesawat yang jatuh di Kiunga kemarin.

"Kami melanjutkan kerjasama dengan Pemerintah Papua Nugini terkait kecelakaan ini," kata jurubicara Deplu Australia, tanpa menyebutkan apakah warga Australia yang tewas adalah pilot pesawat itu. 

"Perhatian kami saat ini tercurah untuk seluruh penumpang dan keluarga yang ditinggalkan. Mengingat soal privasi, kami tak bisa memberikan keterangan lebih jauh," ungkap dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com