Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Mulai Serangan Musim Semi

Kompas.com - 12/04/2016, 14:30 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Afganistan, Selasa (11/4/2016), mengumumkan mulai menggelar "serangan musim semi" di saat pemerintah Kabul berusaha kembali menggelar negosiasi untuk mengakhiri konflik panjang ini.

Dalam pernyataannya, Taliban mengatakan, mereka akan melakukan serangan besar-besaran terhadap posisi pemerintah di berbagai penjuru negeri itu.

Serangan ini dinamai "Operasi Omari" untuk menghormati pendiri Taliban, Mullah Omar yang meninggal dunia tahun lalu.

Pernyataan ini juga menegaskan Taliban tetap akan menggunakan taktik yang sama yaitu mengerahkan para pengebom bunuh diri terhadap basis-basis pasukan pemerintah yang mereka anggap sebagai boneka Barat.

Taliban, yang sudah memerangi pemerintah sejak terguling dari kekuasaan pada 2001, juga menyatakan bakal menyerang 13.000 pasukan NATO yang saat ini masih berada di Afganistan.

Sejak misi tempur NATO diakhiri pada akhir 2014, pasukan yang tersisa di Afganistan lebih memainkan peran dalam pelatihan dan menjadi penasihat militer.

Tahun lalu, Taliban berhasil merebut kota Kunduz untuk beberapa lama. Ini adalah kesuksesan pertama Taliban sejak mereka terguling dari pemerintahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com