Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Bom Bunuh Diri Tewaskan 5 Calon Tentara di Aden

Kompas.com - 12/04/2016, 13:56 WIB

ADEN, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri yang diduga terkait dengan kelompok teroris Al-Qaeda, melakukan serangan di Aden, Yaman, Selasa (12/4/2016).

Serangan itu menewaskan lima calon tentara. Berdasarkan keterangan seorang petugas keamanan setempat, kelima korban berada di dekat pelaku saat bom yang dipasang diikat pinggang meledak.

Saat kejadian para korban tengah dalam perjalanan untuk bergabung dengan calon tentara lainnya di sebuah pangkalan di sebelah selatan kota Aden. Lokasi itu menjadi Ibu Kota sementara bagi Pemerintahan Yaman.

Selama ini, tentara dan aset pemerintahan memang menjadi target serangan para teroris, semenjak pasukan pro pemerintah berhasil mengusir para pemberontak Syiah beberapa waktu lalu. 

Kelompok teroris Al-Qaeda dan Negara Islam di Irak dan Suriah lantas mengambil kesempatan dari kekisruhan yang pecah di negara itu.

Pertempuran yang memuncak antara Pemerintah Yaman dan kelompok pemberontak Syiah akan memudahkan ISIS dan Al-qaeda untuk menguatkan kedudukannya di wilayah selatan Yaman. 

Namun setelah sekian lama seperti diabaikan, pasukan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi kembali meluncurkan operasi terhadap para teroris dalam beberapa minggu terakhir. Pasukan ini mendapat dukungan dari koalisi-militer Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com