Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Ini Donorkan Darah untuk Menolong Anak Kucing

Kompas.com - 08/04/2016, 12:08 WIB

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Seekor anjing penyelamat milik organisasi Masyarakat untuk Pencegahan Kekerasan terhadap Hewan (SPCA) menyumbangkan darahnya untuk membantu sejumlah anak kucing.

Anak-anak kucing itu ditemukan di tempat  pembuangan sampah dan beberapa di antaranya terancam menjadi buta tanpa pertolongan yang tepat.

Anak-anak kucing itu kemudian dibawa ke markas SPCA di Sacramento, California, AS dalam kondisi mengenaskan termasuk kerusakan di mata mereka.

"Sebuah keluarga datang kepada kami membawa dua ekor anak kucing yang mereka temukan di tempat pembuangan sampah di dekat kediaman mereka. Hanya dua yang hidup," kata anggota SPCA, Sarah Varanini kepada stasiun televisi CBS 13.

"Salah satunya memiliki bisul di matanya, jadi pada dasarnya infeksi mata anak kucing itu sangat parah dan dia tak bisa melihat," tambah Sarah.

Untuk menyelamatkan penglihatan anak kucing itu anjing milik Sarah, Jemmie harus mendonasikan darahnya untuk membuat serum bagi anak-anak kucing itu.

"Untuk mendapatkan serum, kami membutuhkan darah dalam jumlah banyak, kami mendapatkannya dari Jemmie dan serum itu kami teteskan ke mata anak-anak kucing itu," ujar Sarah.

Dokter hewan Laurie Siperstein-Cook mengatakan, darah anjing adalah elemen penyembuh yang efisien dan murah. Meski tak diketahui penyebab mujarabnya darah anjing itu.

Sarah mengatakan, setelah mata anak-anak kucing itu ditetesi serum yang berasal dari darang Jemmie si anjing, nampaknya kucing-kucing kecil itu mulai pulih kesehatannya.

Bahkan, anak-anak kucing itu kini sudah bisa bermain dengan Jemmie.

"Jemmie sangat menyukai kucing dan jika dia bisa bicara, Jemmie pasti bahagia bisa menolong mereka," kata Sarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com