Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Tokek Ekor Gendut Ditemukan di Queensland

Kompas.com - 06/04/2016, 22:35 WIB

QUEENSLAND, KOMPAS.com - Spesies tokek berekor gendut yang memakan rayap dan bertempat tinggal di lubang laba-laba ditemukan di pedalaman Queensland, Australia.

Tokek ini dinamai ‘diplodactylus ameyi’, untuk menghormati seorang herpetolog (pakar reptil dan amfibi) bernama Dr Andrew Amey.

Spesies ini diidentifikasi oleh herpetolog dari Museum Queensland, Patrick Couper dan Paul Oliver, dari Universitas Nasional Australia (ANU).

Patrick mengatakan, reptil ini tampaknya bertahan hidup dengan baik di pedalaman Queensland, meskipun lingkungan di sana sungguh keras.

"Hewan ini aktif di malam hari, mereka keluar ketika suhunya jauh lebih dingin dan siang hari mereka bernaung di bawah liang laba-laba, menghindari panas di siang hari," kata Patrick.

Patrick lalu mengatakan, ekor berlemak tokek juga mempunyai kegunaan.  "Ekor gemuk pada hewan seringkali sangat mirip dengan bentuk kepala, dan dengan menunjukkan ekor ke predator potensial, dia bisa melindungi kepalanya," ungkap dia.

Patrick mengaku, selama karirnya, ia telah mengidentifikasi lebih dari 50 spesies reptil, termasuk 24 tokek.

Ia menyebut, pada saat era 1990-an, spesies baru jauh lebih mudah untuk diidentifikasi.

 "Belakangan ini, banyak dari penemuan itu didorong oleh genetika. Anda menemukan hewan yang terlihat sangat mirip, tetapi gen memberi petunjuk bahwa Anda sedang melihat sebuah spesies yang berbeda. Anda mengamati perbedaan morfologi atau perbedaan pola dengan sangat dekat," papar dia.

Makalah ilmiah yang menjelaskan ‘diplodactylus ameyi’ baru saja diterbitkan dalam jurnal ‘Zootaxa’.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com