Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump dan Hillary Clinton Terjungkal di Wisconsin

Kompas.com - 06/04/2016, 09:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Ajang kampanye pemilihan presiden AS semakin seru setelah dua kandidat utama Donald Trump dan Hillary Clinton tersandung dalam pemilihan awal di negara bagian Wisconsin.

Dalam pemilihan awal yang digelar pada Selasa (5/4/2016), dari partai Republik, Ted Cruz yang menjadi pemenang. Sementara di Partai Demokrat, Bernie Sanders yang mendapat suara terbanyak.

Sejumlah stasiun televisi AS termasuk Fox News dan NBC mengabarkan, perolehan suara kedua calon yang tak diunggulkan itu mulai melaju dalam setengah jam menjelang pemungutan suara di wilayah dekat perbatasan Kanada itu ditutup.

Dengan tujuh persin daerah pemilihan sudah melaporkan perolehan suara, Ted Cruz, senator konservatif asal Texas, sudah unggul 49 persen dari miliarder Donald Trump yang meraup 35 persen suara.

Sementara di posisi ketiga ditempati Gubernur Ohio, John Kasich yang hanya meraih 14 persen suara.

Kemenangan Cruz di Wisconsin ini merupakan pukulan telak bagi Trump dan dapat mempengaruhi persaingan menuju penentuan kandidat presiden Partai Republik.

Sementara dari Partai Demokrat, senator asal Vermont, Bernie Sanders sukses meraup 57 persen suara dibanding Hillary Clinton dengan 43 persen suara.

Namun, sang mantan menteri luar negeri masih cukup percaya diri akan meraih hasil lebih baik dalam masa kampanye ini.

Di New York, Hillary yakin akan ungguli Sanders dalam pemilihan awal yang digelar pada 19 April mendatang.

Hillary juga yakin hasil positif akan diraihnya dalam pemilu awal di Pennsylvania, yang digelar sepekan setelah New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com