Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehilangan Satu Kaki di Afganistan, Anjing Ini Dapat Penghargaan

Kompas.com - 06/04/2016, 08:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Dalam perang tak hanya manusia yang layak mendapatkan medali penghargaan. Pengorbanan dan perjuangan hewan juga layak dihargai, seperti yang dialami seekor anjing ini.

Lucca, nama anjing gembala Jerman itu, kehilangan kaki depan kirinya saat bertugas di Afganistan pada 2012.

Pengorbanannya itu diganjar Korps Marinir AS dengan sebuah medali penghargaan setara dengan Victoria Cross.

Anjing berusia 12 tahun itu sudah menyelesaikan 400 misi bersama Korps Marinir AS di Irak dan Afganistan dan sukses melindungi ribuan personel militer AS.

Setelah pensiun, Lucca diterbangkan ke California sebelum dianugerahi Medali Dickin di Barak Wellington, London.

Rekan kerja Lucca, Sersan Christopher Willingham mengatakan, sebuah penghormatan besar bisa menerima penghargaan bersama Lucca.

"Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam proses ini. Saya kira yang lebih penting adalah pengalaman Lucca akan membawa dampak untuk semua anjing militer dan pawang mereka," ujar Christopher.

"Saya merasa mendapat kehormatan pernah bekerja dengan beberapa anjing terbaik di Irak dan Afganistan," tambah Christopher.

Penghargaan ini pertama kali diberikan pada 1943 oleh  PDSA, lembaga amal  yang khusus memerhatikan hewan-hewan yang sakit dan telantar.

"Kesetiaan Lucca pada tugasnya membuat dia layak mendapatkan PDSA Dickin Medal," ujar Jan McLoughlin dari PDSA.

"Kemampuan dan determinasi Lucca dalam mencari senjata dan bahan peledak menyelamatkan banyak nyawa manusia di tengah salah satu konflik bersenjata paling berbahaya di dunia," tambah McLoughlin.

Penghargaan ini sebelumnya sudah diberikan kepada 29 ekor anjing, 32 ekor merpati pembawa pesan di Perang Dunia II, tiga ekor kuda dan seekor kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com