Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Belum Bayar Utang, Israel Putus Listrik ke Kota Jericho

Kompas.com - 31/03/2016, 21:12 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Perusahaan listrik Israel (IEC), Kamis (31/3/2016), mengurangi pasokan listrik ke kota Jericho karena pemerintah Palestina belum membayar tunggakan tagihan listrik sebesar 450 juta dollar AS atau hampir Rp 6 triliun.

Akibatnya, kota yang terletak di wilayah pendudukan di Tepi Barat itu gelap gulita. Demikian pernyataan sejumlah pejabat Palestina.

Gubernur Jericho Majed al-Fityani mengatakan sebanyak 30.000 orang dari 50.000 warga kota itu terpaksa hidup tanpa pasokan energi listrik.

Bahkan, lanjut Fityani, kantor gubernur harus menggunakan generator untuk menghidupkan sejumlah lampu.

Direktur Perusahaan Listrik Distrik Jerusalem Palestina (JDECO), Hisham Omari mengatakan, pasokan listrik di kota Jericho diturunkan hingga sepertiga kapasitasnya.

Omari mengatakan, langkah yang diambil Israel itu merupakan sebuah hukuman kolektif terhadap warga Palestina yang kehidupan sehari-harinya terganggu karena terhambatnya pasokan listrik.

Omari menambahkan, pembicaraan yang dilangsungkan IEC dan pemerintah Palestina sejauh ini belum menemukan solusi terkait tunggakan utang listrik ini.

Pemerintah Palestina kini tengah mengalami kesulitan keuangan dan sangat tergantung dengan bantuan asing.

Palestina juga dalam banyak hal sangat tergantung pada Palestina, termasuk dalam hal pasokan listrik.

Masalah serupa pernah terjadi pada 2015 dan saat itu Israel juga memangkas pasokan listrik untuk beberapa kota di Palestina selama beberapa jam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com