Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Kini Sediakan Gerbong Kereta Api Khusus Perempuan

Kompas.com - 28/03/2016, 22:38 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Salah satu operator kereta api di Jerman memperkenalkan gerbong khusus perempuan dan anak-anak, di tengah kekhawatiran meningkatnya serangan seksual di negeri itu.

Jalur Regiobahn antara kota Leipzig dan Chemnitz akan menjadi yang pertama dilalui gerbong khusus perempuan ini.

Gerbong ini diletakkan di dekat gerbong kondektur kereta api agar para penumpang perempuan merasa lebih aman.

Jerman masih berusaha memulihkan diri dari serangkaian serangan seksual di kota Koln pada malam tahun baru lalu yang diduga dilakukan sejumlah migran.

Lebih dari 800 pengaduan masuk ke kepolisian dan insiden itu memicu kritik terhadap keputusan Kanselir Angela Merkel yang menolak membatasi jumlah migran yang masuk ke Jerman.

Meski demikian, pengelola kereta api menegaskan, keputusan menyediakan gerbong khusus perempuan ini bukan reaksi langsung atas insiden di Koln, namun demi meningkatkan keamanan secara umum.

Ide untuk menyediakan gerbong khusus perempuan ini dicetuskan pemimpin Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn tahun lalu, sebagai upaya untuk mengurangi pelecehan seksual di sarana transportasi publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com