Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fidel Castro: Dengar Omongan Obama Bikin Serangan Jantung

Kompas.com - 28/03/2016, 20:00 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro, tetap bersikap resisten atas upaya perbaikan hubungan antara Havana dan Washington. Castro menyebut Kuba tak membutuhkan "kado apa pun" dari Amerika Serikat.

Mantan Presiden berusia 89 tahun itu mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah tulisan, menyusul kunjungan bersejarah Presiden Amerika Serikat ke negara komunis di selatan Amerika itu, pekan lalu. 

Dalam komentar pertama sejak kunjungan Presiden Barack Obama ke Havana, Castro terlihat masih belum mau memaafkan dan melupakan perseteruan selama lebih dari setengah abad antara kedua negara.

Seperti dikutip dari Kantor Berita AFP, tulisan Castro tersebut dipublikasikan dalam harian Granma, dengan menggunakan judul "Has no need of gifts from the empire".

"Mendengarkan pernyataan Presiden AS bisa mengakibatkan serangan jantung," ungkap Castro dalam tulisan itu.

Baca: Presiden Obama Berharap Bisa Bertemu Fidel Castro

Diberitakan sebelumnya, Obama melakukan kunjungan selama tiga hari ke Havana pada awal pekan lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan Presiden AS pertama sejak 88 tahun terakhir. 

Sementara itu, sejak menyerahkan jabatannya kepada sang adik, Fidel Castro memang kerap menghabiskan waktunya dengan menulis, yang kemudian dipublikasikan di media.

Baca: Obama Pidato Soal Demokrasi, Raul Castro Menatap Dingin...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com