Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Serangan di Pantai Gading, 2 Warga Mali Ditahan

Kompas.com - 27/03/2016, 21:19 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Dua warga Mali ditahan karena dicurigai memainkan peran penting dalam serangan maut di sebuah resor wisata di Pantai Gading beberapa waktu lalu.

Aparat keamanan Mali, Minggu (27/3/2016), mengatakan, kedua pria itu ditahan pada Jumat dan Sabtu lalu menyusul indikasi keterlibatan mereka dalam serangan 13 Maret lalu.

Saat itu, para penyerang menyerbu tiga hotel dan pantai wisata di Grand-Bassam yang mengakibatkan 19 orang tewas.

Kedua tersangka adalah Midy Ag Sodack Dicko, yang dituduh mengatur logistik penyerangan. Tersangka kedua adalah Ibrahim Ould Mohamed, diyakini sebagai tangan kanan dalang serangan, Kounta Dallah yang kini buron.

Serangan di Grand-Bassam, yang baru kali ini menimpa Pantai Gading, diklaim oleh Al Qaeda Wilayah Maghribi (AQIM) yang juga pernah menyerang kawasan wisata di Mali dan Burkina Faso.

Ag Sodack Dicko, yang ditangkap pada Sabtu (26/3/2016), mengatakan, para penyerang menginap di kediamannya di kota Abidjan, Pantai Gading.

Seorang sumber mengatakan, Dicko mengklaim, dia tidak mengetahui orang-orang yang menginap di kediamannya itu akan melakukan serangan maut.

Seorang sumber di kepolisian mengatakan, Dicko memainkan peran penting dalam penyediaan logistik penyerangan dan langsung terbang ke ibu  kota Mali, Bamako, tak lama setelah serangan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com