Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajak Pendapat: Mayoritas Warga Rusia Setuju Stalin adalah "Pemimpin Panutan"

Kompas.com - 25/03/2016, 18:46 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Lebih dari separuh warga Rusia percaya bahwa diktator Soviet, Joseph Stalin adalah pemimpin yang bijak dan jadi panutan.

Hal itu terungkap dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga independen, Levada, yang dipublikasikan Jumat (25/3/2016).

Levada menemukan bahwa 57 persen umumnya setuju bahwa Stalin adalah pemimpin yang bijak yang membuat Soviet kuat dan makmur.

Lembaga poling itu menyatakan bahwa posisi Lenin berada pada "level maksimum", naik hingga 10 persen dari 4 tahun lalu.

Dari jajak pendapat juga diketahui bahwa 71 persen warga Rusia setuju bahwa, "Apapun kesalahan maupun dosa yang dilekatkan kepada Stalin, hal yang paling penting adalah dia berhasil memimpin Soviet memenangkan pertempuran dalam Perang Dunia II.

Persentase tersebut naik 11 persen pada 2012, di mana Levada mengaitkan kenaikan popularitas Stalin tersebut antara Perang Dunia II dan keterlibatan Rusia dalam konflik bersenjata di sejumlah negara.

"Dalam pandangan kami, pandangan negatif terhadap Stalin menjadi kabur dalam momen keterlibatan Rusia dalam berbagai konflik belakangan ini," tulis Levada.

Sementara itu untuk pertanyaan bahwa Stalin adalah pemimpin yang brutal yang membunuh jutaan orang, mayoritas responden menyatakan setuju. Sementara itu hanya 23 persen yang menyatakan tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Jajak pendapat dilakukan terhadap 1.600 responden dan dilaksanakan antara 11-14 Maret di 48 wilayah yang ada di Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com