Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santoso Masuk Daftar Teroris Global Amerika Serikat

Kompas.com - 23/03/2016, 22:02 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Amerika Serikat telah memasukkan Santoso asal Indonesia ke dalam daftar teroris global, Specially Designated Global Terorists (SDGT).

Penetapan itu membuka satu tindakan hukum yang lebih tegas oleh AS terhadap Santoso. 

Departemen Luar Negeri AS, Selasa (22/3/2016), menyatakan, nama Santoso telah ditambahkan ke dalam daftar SDGT.

"Sebagai hasil dari pencatatan itu, semua subyek properti di wilayah yurisdiksi AS yang mengatasnamakan Santoso akan diblokir," demikian disebut dalam pernyataan itu.

Washington mengatakan, Santoso, seorang militan di Poso, Sulawesi Tengah, sudah lebih dari tiga tahun diburu aparat di Indonesia. "Warga AS dilarang melakukan transaksi dengan Santoso," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri AS.

"Pendaftaran ini sekaligus untuk memberi tahu masyarakat AS dan internasional bahwa Santoso telah secara aktif terlibat dalam terorisme," kata Washington.

AS menyebut Santoso adalah pemimpin Mujahidin Indonesia Timur (MIT), sebuah kelompok yang sudah masuk dalam daftar SDGT di Departemen Luar Negeri AS. Ia bertanggung jawab atas sejumlah pembunuhan dan penculikan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Dikatakan, pencatatan SDGT dilakukan untuk menjamin tindakan terkoordinasi di seluruh Pemerintah AS dan dengan mitra internasional untuk meredam kegiatan teroris, termasuk mencegah akses mereka ke sistem keuangan AS dan memungkinkan AS melakukan penegakan hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com