Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirimkan Agen FBI dan Detektif Polisi New York ke Brussels

Kompas.com - 23/03/2016, 09:30 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Penyelidik federal (FBI) dan Kepolisian New York mengirimkan agen dan detektifnya ke Brussels, Belgia, untuk menyelidiki serangan bom yang terjadi di bandara dan stasiun setempat, Selasa kemarin.

Amerika Serikat mengirimkan bantuan agen dan detektif karena ada warga negara AS yang menjadi korban dalam serangan tersebut.

John Miller, selaku deputi komisioner Kepolisian New York untuk bidang intelijen dan antiteror, membuat pernyataan itu mewakili otoritas Pemerintah AS.

Sejalan dengan itu, di AS pun pengamanan di bandara utama dan bandara penghubung yang ada di sana ditingkatkan.

Sebelumnya diberitakan, tiga orang misionaris AS mengalami luka serius saat sedang menemani kolega mereka asal Perancis ke Bandara Zaventem. Warga Perancis itu semula akan melakukan penerbangan ke Ohio, AS.

Kabar itu disampaikan pihak gereja Mormon, Selasa, sebagai lembaga yang menaungi para misionaris tersebut.

"Karena ada warga AS di antara para korban, maka agen FBI akan datang bersama detektif dari gugus kerja gabungan antiteror Kota New York," kata Miller.

"Kami berharap para agen dan detektif kepolisian New York, akan bisa melakukan penyelidikan di sana mulai malam ini atau besok," kata Miller seperti dikutip Kantor Berita AFP, Rabu (23/3/2016) WIB. 

Sebelumnya detektif dari Kepolisian New York dan agen FBI sudah pernah tergabung dalam penyelidikan kasus terorisme sejenis, termasuk peledakan bom di Kedubes AS di Afrika Timur tahun 1998 dan penyerangan USS Cole tahun 2000.

Belgia meluncurkan perburuan besar setelah pengeboman yang diklaim oleh kelompok Negara Islam Iran dan Suriah merobek bandara Brussels dan kereta metro, menewaskan sekitar 34 orang, daan melukai ratusan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com