Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Bunuh 26 Prajurit Suriah di Palmyra

Kompas.com - 23/03/2016, 08:00 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Anggota kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) membunuh 26 prajurit Suriah di Palmyra, Senin (21/3/2016).

Kantor Berita Reuters, Selasa (22/3/2016) menyebut, sebuah grup monitoring menyebut korban tewas itu jatuh setelah selama beberapa hari terakhir pasukan Suriah berjuang di Palmyra dengan bantuan pasukan udara Rusia. 

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada minggu lalu mengatakan, Pasukan Suriah akan segera kembali mrebut Palmyra dan cengkraman ISIS, yang telah menguasai wilayah padang pasir itu selama hampir satu tahun. 

Palmyra dikenal sebagai kota yang memiliki simbol militer dan juga kota kuno yang sebagian besar kekayaannya kini telah dirusak oleh pasukan ISIS. Selain itu, kota ini pun berada di jalan raya yang menghubungkan Suriah Barat ke kubu timur pasukan ISIS.

Lembaga monitoring Inggris yang membidangi observasi atas penegakan hak asasi manusia di Suriah tersebut menyebutkan, bentrokan terjadi sekitar empat kilometer sebelah barat Palmyra.

Dimungkinkan, jumlah prajurit Suriah yang tewas dalam bentrok itu masih akan bertambah.

Sementara itu, Kantor Berita SANA, menyebutdukungan militer Suriah dan Rusia menitikberatkan operasi melawan ISIS di sekitar Palmyra, di Kota Al-Qaryatayn, sekitar 100 kilometer sebelah barat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com