Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Aung San Suu Kyi Masuk Nominasi Kabinet Htin Kyaw

Kompas.com - 22/03/2016, 11:34 WIB
NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Nama pemimpin pro demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi masuk dalam daftar tokoh yang akan menduduki posisi di dalam kabinet baru pimpinan Presiden Htin Kyaw.

Langkah ini akan memberikan jabatan formal bagi Pemimpin Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) tersebut, yang sebelumnya terganjal untuk memegang jabatan sebagai Presiden. 

Juru bicara parlemen Mann Win Khaing Than, Selasa (22/3/2016), membacakan nama-nama yang dinominasikan masuk ke dalam kabinet dari NLD. Namun dia tidak menyebutkan posisi apa yang akan dipegang oleh penerima anugerah Nobel perdamaian itu. 

Kantor Berita Associated Press memberitakan, nama Suu Kyi muncul di antara 18 nama menteri yang akan berada di dalam kabinet.

Sebelumnya diberitakan, pada 15 Maret 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi Myanmar, yang mendapat presiden baru, setelah lebih dari 50 tahun negara itu dikuasai oleh militer.

Hari bersejarah itu pun tentu berlaku bagi Aung San Suu Kyi. Dia "sukses" menempatkan pembantu setianya, Htin Kyaw untuk menjadi Presiden.

Kyaw tetap dinilai sebagai orang bawaan Suu Kyi yang dipilih karena kesetiaannya. Dia diyakini tidak mungkin untuk membelok dari keinginan Suu Kyi.

Suu Kyi pun dengan tegas telah mengungkapkan bahwa dialah yang akan mengontrol jalannya lembaga kepresidenan di negeri itu.

Lantas akankah Suu Kyi masuk dan duduk di dalam kabinet Htin Kyaw? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com