Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belgia Ungkap Identitas Kaki Tangan Salah Abdeslam

Kompas.com - 21/03/2016, 18:35 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Kejaksaan Belgia, Senin (21/3/2016), mengatakan, telah berhasil mengungkap kaki tangan Salah Abdelslam tersangka pelaku serangan Paris tahun lalu.

Pria itu adalah Najim Laachraoui (24), yang selama ini dikenal dengan nama samaran Soufiane Kayal.

"Penyelidikan menunjukkan bahwa Soufiane Kayal adalah Najim Laachraoui. Lahir pada 18 Mei 1991 dan pernah pergi ke Suriah pada Februari 2013," demikian pernyataan kejaksaan Belgia.

Najim Laachraoui alias Soufiane Kayal menyewa sebuah apartemen di kota Auvelais, tak jauh dari kota Namur, wilayah tengah Belgia. Di apartemen itulah serangan Paris dirancang.

Dia menggunakan nama samarannya saat melintasi perbatasan Austria dan Hungaria pada 9 September 2015 saat bepergian dengan Salah Abdeslam dan Mohamed Belkaid.

Ketiganya berpura-pura menjadi wisatawan yang akan mengunjungi Vienna saat liburan dan tidak menimbulkan kecurigaan saat polisi menghentikan mereka.

"DNA Laachraoui ditemukan di apartemen sewaan di Auvelais dan di sebuah rumah di Schaarbeek (Brussels) yang juga digunakan oleh kelompok ini," tambah kejaksaan.

Pihak kejaksaan kini meminta publik segera menghubungi polisi terdekat jika mengetahui keberadaan atai memiliki informasi seputar Laachraoui.

Para penyidik menduga, Laachraoui dan Belkaid berhubungan dengan anggota kelompok penyerang lainnya melalui telepon di malam serangan di gedung konser Bataclan, stadion Stade de France serta sejumlah bar dan restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com