Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkumpul, 43 Ular Piton Seberat 1 Ton dalam 90 Hari

Kompas.com - 21/03/2016, 09:00 WIB
COLLIER COUNTY, KOMPAS.com - Sebanyak 43 ekor ular piton burma dengan berat total mencapai satu ton, dikumpulkan dari wilayah Florida, Amerika Serikat.

Pengumpulan ular-ular selama 90 hari ini merupakan bagian dari sebuah penelitian dan langkah pengendalian perkembangan populasi piton yang dilakukan lembaga konservasi di barat daya Florida.

Peneliti dari lembaga itu mengatakan, ular terbesar yang ditangkap panjangnya mencapai hampir lima meter dengan berat 63 kilogram.

Selama ini, piton menjadi spesies ular yang perkembangannya sangat mengejutkan di negara bagian itu. Terutama di sekitar taman nasional Everglades.

Seperti dilansir laman UPI.com, Minggu (20/3/2016), Pemerintah Florida pun sudah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan laju pertumbuhan ular tersebut.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggelar sayembara berhadiah uang tunai.

Pemenangnya adalah warga yang tercatat paling banyak menangkap piton selama masa kompetisi.

Selain itu, mereka yang mendapatkan piton dengan ukuran terbesar pun mendapatkan hadiah.

Tantangan di tahun 2016 ini berlangsung bulan lalu. Terkumpul 106 ekor ular dengan rekor ular terpanjang yang ditangkap adalah sepanjang 4,5 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com