Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin ke Crimea untuk Memeriksa Jembatan Penghubung ke Rusia

Kompas.com - 18/03/2016, 18:45 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com -Presiden Rusia Vladimir Putin bertolak ke Semenanjang Crimea, Ukraina timur, Jumat (18/3/2016), untuk mengecek kemanuan proyek jembatan di wilayah itu.

Kunjungan itu juga menandai genap dua tahun Rusia menganeksasi wilayah itu dari Ukraina.

Proyek jembatan itu dikerjakan atas dukungan penuh dari Rusia sebesar 3 miliar dollar AS atau setara Rp 39 triliun. Jembatan dibangun untuk menghubungan Crimea dengan Rusia.

Moskwa yakin, dengan jembatan itu, Crimea akan terikat semakin dekat dengan Rusia.

Presiden Putin diharapkan akan bertemu pemimpin Crime untuk membahas pembangunan ekonomi di wilayah itu. Sanksi internasional dan perseteruan antara Moskwa dan Kiev telah menyulitkan Crimea.

Sementara itu, sebuah konser yang disponsori pemerintah dan perayaan publik sedang berlangsung di seluruh Rusia untuk memperingati aneksasi pada Maret 2014.

Moskwa bersikeras mengikuti hasil referendum bahwa mayoritas suara penduduk Crimea menginginkan wilayah itu sebagai sebuah negara merdeka.

Human Rights Watch, Jumat, menuduh pemerintah Rusia telah menciptakan "iklim ketakutan dan penindasan di Crimea" dalam dua tahun sejak aneksasi. Terjadi pelanggaran HAM terhadap etnis Tarar, sebuah kelompok minoritas Muslim yang menentang aneksasi Rusia.

Barat terus mengutuk aneksasi, bersumpah untuk tetap mempertahankan sanksi selama Crimea tetap di bawah kontrol Rusia.

Departemen Luar Negeri AS, Rabu pekan ini, meminta Rusia untuk "mengakhiri pendudukan dan Crimea kembali ke Ukraina". Desakan itu sebelumnya telah ditolak berulangkali oleh Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com