Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meteor Besar Kehijauan Tertangkap Kamera Melintas di Langit

Kompas.com - 17/03/2016, 16:07 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Sebuah bola api tertangkap kamera melintasi langit Kota London dan beberapa wilayah di Inggris, Kamis (17/3/2016) dini hari, sekitar pukul 03.15.

Selain di London, bola api yang memancarkan cahaya kehijauan itu pun dilaporkan terlihat di langit Hampshire, Sussex, dan Berkshire.

Rekaman video paling jelas diabadikan dari sebuah kamera dasbor milik seorang pengemudi bernama Paul Gilbert, yang tengah melintas di Battersea. (Lihat video).


Jaringan observasi meteor di Inggris juga menangkap cahaya itu dari Stasiun Church Crookham di dekat Fleet, Hampshire.

"Langit menjadi kebiruan saat sebuah benda dengan sinar yang sangat terang melintas dengan cahaya yang tajam," ungkap seorang pembawa acara televisi Pete Lawrence. 

Sementara itu, James West, warga di sekitar Southampton, mengaku, cahaya yang sangat terang itu melintas hingga membias di balik tirai kamar tidurnya.

Meteor itu, berdasarkan penjelasan para pakar, kemungkinan berukuran dua kali besarnya sebuah bus double decker. Namun, ketika benda itu sudah menghantam atmosfer, ukurannya pun berkurang.

Diperkirakan spot paling gamblang untuk menyaksikan meteor itu ada di sebelah utara Skotlandia. 

"Cahaya biru yang kemudian berpendar menjadi kehijauan, mungkin disebabkan adanya kandungan magnesium di dalamnya," ungkap seorang ahli seperti dikutip DailyMail.

Dengan cepat, fenomena meteor itu pun dinamai "The St Patrick's Day Meteor" karena sinar yang dipancarkan berwarna hijau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com