Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Berbenah Jelang Kunjungan Presiden Barack Obama

Kompas.com - 17/03/2016, 08:47 WIB
HAVANA, KOMPAS.com - Ratusan pekerja selama beberapa hari terakhir ini membenahi penampilan ibu kota Kuba, Havana menjelang kunjungan bersejarah Presiden Barack Obama.

Trotoar baru terlihat dibangun di beberapa ruas jalan utama kota itu, termasuk jalan raya Malecon yang terkenal dengan tembok lautnya itu.

Jalan terkenal itu melintasi kantor Kedutaan Besar AS di Havana. Semua dibenahi agar terlihat layak bagi sang tamu istimewa yang akan berkunjung pekan depan.

Di ruas jalan yang lain, pembersihan dilakukan dan rambu-rambu lalu lintas dibenahi, terutama yang berada di kota tua Havana yang masih bernuansa kolonial Spanyol.

Keluarga Obama dijadwalkan berjalan-jalan di kawasan kota tua itu, yang kerap menjadi tujuan para kepala negara yang berkunjung ke Kuba.

"Semua sangat baik. Kami berharap mereka (pemerintah) melakukannya lebih sering," kata pengemudi taksi Pedro (50), merujuk pada penambalan lubang-lubang jalan.

Warga Kuba memang dikenal senang bergurau yang menjadi obat di negara dengan sistem birokrasi yang lambat dan panjang.

Sebagian besar warga Kuba berpenghasilan 20 dollar AS atau kurang dari Rp 300.000 sebulan sehingga untuk menyediakan makanan untuk keluarga sudah menjadi pekerjaan berat.

Sebagian besar warga negeri itu menghabiskan waktu dengan mengantre makanan atau menunggu datangnya bus.

Havana sendiri sedang menjalani proyek renovasi besar-besaran. Dan di kawasan Cerro, stadion bersejarah Estadio Latinoamericano sedang diperbarui.

Stadion ini nantinya akan menjadi ajang pertarungan antara tim baseball Tampa Bay Rays dan tim nasional Kuba.

Setelah kunjungan Obama, grup musik legendaris Rolling Stones akan datang dan menggelar konser juga di stadion yang sama.

Obama akan menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Kuba selama hampir satu abad terakhir.

Kunjungan Obama ini menjadi salah satu agenda pemulihan hubungan diplomatik kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com