Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil "Super Tuesday II" Makin Dekatkan Hillary Vs Trump dalam Pilpres AS

Kompas.com - 16/03/2016, 11:10 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Hillary Clinton meraih sebuah langkah monumental yang membuatnya semakin dekat menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Sementara itu, Donald Trump yang tampaknya tak terhentikan menghadapi sedikit hambatan di negara bagian Ohio.

Donald Trump memenangi pemilihan awal di Illinois, Carolina Utara dan Florida. Dia mengempaskan Marco Rubio yang berujung pada mundurnya pria berdarah Kuba itu dari bursa calon presiden.

"Ini adalah malam yang luar biasa. Kami akan menang, menang, menang, dan tak akan terhentikan," ujar para pendukung Trump.

Kekalahan Rubio merupakan kemunduran besar bagi para politisi Republik untuk menghentikan Trump yang menyuarakan program anti-Muslim dan anti-imigran.

Namun, niat Trump untuk menyapu bersih semua negara bagian dalam "Super Tuesday II" terhambat di Ohio yang dimenangi sang gubernur, John Kasich.

Trump kini harus berjuang mendapatkan 1.237 suara delegasi untuk menghindari tantangan dalam malam konvensi partai di Cleveland, Juli mendatang.

Sementara itu, Hillary Clinton menghadapi masalah yang jauh lebih sedikit. Dia mengalahkan rivalnya, Bernie Sanders, di Florida, Carolina Utara, dan Ohio.

Sementara itu, hasil pemilihan awal di Missouri dan Illinois masih terlalu ketat untuk diketahui hasilnya.

Sanders kini menghadapi tugas nyaris mustahil untuk mendapatkan suara delegasi yang cukup untuk terus menjaga peluangnya.

"Kami semakin dekat untuk mengamankan nominasi partai Demokrat dan memenangkan pemilihan presiden pada November," kata Hillary.

"Saat kami mendengar seorang kandidat berencana mengusir 12 juta imigran, melarang semua Muslim masuk ke AS...saat dia memilih kekerasan, itu tak akan membuatnya kuat. Hal itu hanya akan membuatnya salah," ujar Hillary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com