Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Javad Zarif: Rudal Iran untuk Bela Diri, Bukan untuk Agresi

Kompas.com - 15/03/2016, 11:20 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, rudal balistik negaranya bertujuan untuk membela diri. Uji coba terakhir tidak melanggar kesepakatan nuklir dengan enam negara besar.

Zarif mengungkapkan hal itu di Canberra, Australia, Selasa (15/3/2016). Komentarnya berkaitan dengan kecaman Barat, termasuk Amerika Serikat (AS), atas uji coba dua rudal balistik Iran, Rabu pekan lalu, tepat saat Wakil Presiden AS Joe Biden mengunjungi Israel.

Ankara ketika menembakkan dua rudal itu menyatakan, rudal mereka untuk menarget Israel atau "kaum Zionis". Pada badan dua rudal, seperti juga pada rudal-rudal yang pernah ditembakkan Iran sebelumnya, tertulis kata-kata "Israel harus ditiadakan".

Menjadi soal dan disoroti Barat dan AS ialah karena uji coba itu dilakukan setelah tercapai kesepakatan nuklir antara Iran dan enam kekuatan dunia, Juli lalu di Vienna, Austria. Kesepakatan itu kemudian diikuti pencabutan sanksi ekonomi dan keuangan atas Iran.

Enam negara besar itu terdiri dari lima anggota tetap Dewan Keamanan (KD) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni AS, Rusia, China, Inggris, dan Perancis, ditambah Jerman.  Enam negara ini juga sering disebut dengan kelompok P5+1.

Kepada wartawan di Australia, Zarif mengatakan, rudal yang diuji pada Rabu lalu itu takkan pernah digunakan dalam agresi. Namun, dia mengakui, uji coba itu telah menarik perhatian internasional.

AS telah mendorong DK PBB yang beranggotakan 15 negara untuk menggelar pertemuan guna membahas perkembangan terbaru di Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com