Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Serang Resor Wisata di Pantai Gading, 16 Tewas

Kompas.com - 14/03/2016, 08:40 WIB
ABIDJAN, KOMPAS.com — Kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengaku bertanggung jawab atas serangan ke sebuah tempat wisata di Pantai Gading, Minggu (13/3/2016).

Serangan di tiga hotel di kota wisata Grand-Bassam itu mengakibatkan setidaknya 14 warga sipil dan dua anggota militer Pantai Gading tewas.

Menteri Dalam Negeri Hamed Bakayoko menambahkan, seorang warga Jerman dan seorang warga Perancis termasuk di antara korban tewas.

SITE Intelligence Group, sebuah organisasi monitor berbasis di AS, menyebut, kelompok Al Qaeda di Wilayah Maghribi (AQIM) berada di belakang serangan tersebut.

Dalam pernyataannya, AQIM mengatakan, tiga anggotanya tewas, sedangkan Presiden Pantai Gading Alassane Ouatarra mengatakan enam pelaku penembakan tewas.

"Jumlah korban yang jatuh sangat besar," ujar Ouatarra saat tiba di Grand-Bassam yang berjarak 40 kilometer sebelah timur Abidjan.

Sementara itu, Presiden Perancis Francois Hollande mengecam keras serangan tersebut dan menawarkan bantuan kepada Pemerintah Pantai Gading.

Serangkaian serangan teror terjadi selama beberapa bulan terakhir di Afrika Barat, misalnya di Mali dan Burkina Faso.

Di kedua negara itu, sejumlah hotel diserang orang bersenjata yang mengaku sebagai anggota AQIM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com