Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang "On Air", Penyiar Radio di Brasil Ditembak Mati

Kompas.com - 14/03/2016, 08:00 WIB
BRASILIA, KOMPAS.com - Seorang penyiar radio di sebuah kota di Brasil tewas ditembak dua orang pria saat tengah "on air".

Joao Valdecir de Borba (52) adalah mantan wartawan kriminal yang lima bulan lalu menjadi penyiar lagu-lagu pop setelah kerap menerima ancaman pembunuhan.

Insiden mengejutkan ini terjadi pada Kamis pekan lalu di studio radio Difusora AM di kota Sao Jorge de Oeste, negara bagian Parana tak jauh dari perbatasan Argentina.

Namun, kabar simpang siur beredar terkait insiden pembunuhan sang penyiar tersebut.

Seorang kolega Valdecir mengatakan, pria itu keluar studio sejenak untuk merokok ketika dia ditembak.

Informasi berbeda diberikan direktur radio, Eliziane Conter. Dia mengatakan Valdecir ditembak mati saat dia membuka pintu depan studio saat mendengar suara ketukan.

Kedua tersangka penembakan, yang hingga kini masih buron, mereka menghilang dengan menggunakan mobil Fiat Strada.

Joao bekerja untuk Radio Difusora AM selama 10 tahun, memiliki seorang istri dan dua orang anak. Dia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Asosiasi penyiar radio dan televisi Brasil mengatakan, sepanjang tahun lalu delapan orang jurnalis di negeri itu tewas ditembak.

Banyaknya jumlah jurnalis yang tewas dibunuh menjadikan Brasil negara paling berbagaya nomor lima di dunia untuk profesi jurnalis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com