Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Siap Melakukan Serangan Pertama ke Korsel

Kompas.com - 12/03/2016, 16:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com  –  Pemerintah Korea Utara, Sabtu (12/3/2016), mengatakan, militernya siap melakukan serangan pre-emptive terhadap Korea Selatan. Militernya juga siap “membebaskan” musuhnya dari kegaduhan latihan militer gabung Korsel dan Amerika Serikat.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis oleh media Pyongyang,  Staf Umum Tentara Rakyat Korut mengatakan, unit militernya yang berada di garis depan bersiap untuk menyerang pertama.

Menurut Associated Press, serang itu akan dilakukan militer Korut  jika ada tanda-tanda bahwa pasukan AS dan Korsel terlibat dalam latihan militer bersama.

Pyongyang mengatakan, latihan militer bersama AS dan Korsel hanyalah kedok untuk menyerang atau menginvasi teritori Korut. Rencana untuk melakukan serangan pertama ke Korsel juga telah mendapat sinyal dari pemimpin muda Kim Jong Un.

Militer Korut mengatakan, mereka akan melawan latihan bersama AS dan Korsel. Sebab latihan itu bertujuan menyerang Pyongyang yang berencana “membebaskan seluruh Korsel, termasuk Seoul”. Militer Korut juga sanggup melaksanakan serangan blitzkrieg berpresisi tinggi terhadap posisi  musuh.

Ketika latihan bersama AS dan Korsel dimulai pada Senin lalu, Korut memperingatkan bahwa sebuah “serangan pre-emtive nuklir keadilan” yang membabi buta akan diarahkan ke Washington dan Seoul.

Korut telah sering  mengeluarkan ancaman seperti itu sebelumnya. Pyongyang telah mengecam latihan militer tahunan yang dilakukan Seoul dan Washington di Korsel dan menyebut latihan terbaru ini  sebagai rencana untuk menginvasi Korut.

Washington dan Manila mengatakan, latihan militer, yang pada tahun ini digambarkan sebagai yang terbesar yang pernah dilakukan, adalah untuk pertahanan dan merupakan kegiatan rutin tahunan.

Hal yang membuat Pyongyang khawatir, latihan besar terjadi setelah Korut melakukan uji coba nuklir dan penembakan rudal jarak pendek ke laut di timur Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com