Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Gas di London Temukan Tikus Sebesar Anjing

Kompas.com - 11/03/2016, 22:06 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Seorang tukang gas menemukan seekor tikus sebesar seekor anjing saat dia bekerja di sebuah kompleks apartemen di wilayah utara London, Inggris.

Tony Smith (46) menemukan hewan pengerat itu sudah dalam keadaan mati di semak-semak tak jauh dari taman bermain anak-anak di Hackney Downs, London.

Tony meyakini, hewan itu memiliki bobot lebih dari 12 kilogram dengan panjang sekitar 1,2 meter dari kepala hingga ekornya.

"Ini adalah tikus terbesar yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya," ujar Tony.

Dia kemudian meminta temannya, James Green, seorang tukang listrik, lalu mengambil foto tikus raksasa itu.

"Saya memiliki seekor kucing dan (anjing) Jack Russel. Tikus ini lebih besar dari kedua hewan peliharaan saya," tambah Tony.

Dia menambahkan, tong sampah di sekitar permukiman itu kerap dibiarkan terbuka sehingga tikus itu mendapatkan cukup banyak makanan.

Guinness World Record tak memiliki catatan soal tikus dengan tubuh terpanjang, tetapi spesies tikus terbesar ditemukan di Pulau Luzon, Filipina, dengan panjang tubuh sekitar satu meter.

Menurut Asosiasi Pengendali Hama Inggris (BPCA), terdapat dua spesies tikus di negeri itu, yaitu tikus coklat dan hitam.

"Tikus coklat adalah tikus terbesar di Inggris dan bisa mencapai bobot setengah kilogram dengan panjang tubuh mencapai 23 sentimeter tanpa menghitung ekornya," demikian penjelasan situs BPCA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com