Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transplantasi Kornea Babi Sukses, Bocah Ini Selamat dari Kebutaan

Kompas.com - 11/03/2016, 20:46 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Para dokter di China dikabarkan sukses mencangkokkan mata babi ke seorang bocah 14 tahun yang nyaris mengalami kebutaan. Demikian sejumlah media lokal mengabarkan.

Transplantasi kornea babi itu berhasil dilaksanakan tim dokter dari Universitas Zhongshan di Guangzhou, seperti diberitakan harian Southern Metropolis Daily.

Penerima kornea babi itu adalah seorang bocah asal provinsi Jiangxi di wilayah tenggara China. Mata kanan bocah ini nyaris buta setelah terkena percikan kembang api, awal tahun ini.

Operasi transplantasi dilakukan akhir bulan lalu, dan bocah itu bisa melihat lagi sepekan setelah menjalani operasi pencangkokan.

Operasi transplantasi kornea babi ini baru kali ini dilakukan di wilayah selatan China.

Persediaan kornea mata untuk kepentingan transplantasi di China sangat minim karena jumlah permintaan melampaui jumlah kornea yang didonasikan.

Yuan Jin, seorang profesor dari pusat optalmologi Universitas Zhongshan, mengatakan, kesuksesan proses transplantasi ini adalah sebuah pencapaian positif.

Sebab, dengan kesuksesan ini, sepertiga hingga separuh dari lima juta pasien kebutaan kornea di China bisa ditolong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com