Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Khusus AS Tangkap Pakar Senjata Kimia ISIS

Kompas.com - 10/03/2016, 18:43 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan elit AS dikabarkan suskses menangkap pemimpin unit senjata kimia Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) belum lama ini di Irak.

Sejumlah pejabat intelijen Irak mengatakan, Sleiman Daoud al-Afari ditangkap bulan lalu saat ISIS mulai menggunakan senjata kimia di berbagai medan tempur.

Pakar senjata kimia, yang pernah menjadi anggota otorita industri militer di masa pemerintahan Saddam Hussein itu, kini dibawa ke kota Tal Afar di wilayah utara Irak.

Sebelum Al-Afari tertangkap, para pejabat intelijen AS menegaskan ISIS mulai menggunakan senjata kimia di Irak dan Suriah.

Bulan lalu, Direktur Intelijen Nasional AS James Clapper di hadapan senat mengatakan ISIS menggunakan gas moster yang mematikan di medan perang.

"(Pemerintah Suriah) telah menggunakan senjata kimia dalam menghadapi pemberontak sejak menandatangani konvensi tentang senjata kimia," ujar Clapper.

"ISIS juga menggunakan zat beracun di Irak dan Suriah, termasuk gas belerang mostar," tambah dia.

Meski sejumlah pejabat intelijen menyebut penangkapan Al-Afari, namun Pentagon sejauh ini belum mengkonfirmasi penangkapan pakar senjata kimia ISIS itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com