Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat dari Bom Boston, Gadis Ini Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 08/03/2016, 21:22 WIB
BOSTON, KOMPAS.com — Pada 15 April 2013, kamera foto mengabadikan aksi petugas pemadam kebakaran Jimmy Proude menggendong Victoria McGrath dari kekacauan di garis finis Boston Maraton.

Victoria saat itu terluka cukup parah setelah pecahan bom mengoyak kaki kirinya. Perempuan itu hanya diam membeku penuh ketakutan ketika diselamatkan Jimmy Proude.

Victoria McGrath (23) selamat dari tragedi itu karena keberanian Jimmy dan seorang pejalan kaki yang menggunakan selendang miliknya untuk mengikat luka perempuan itu.

Saat itu, dokter mengatakan, Victoria pasti tewas jika kedua orang itu tidak datang dan cepat melakukan pertolongan pertama.

Selama tiga tahun setelah peristiwa itu, Proude selalu melihat foto aksinya itu dengan penuh kebahagiaan.

Foto itu adalah pengingat sebuah awal persahabatan yang tumbuh dari sebuah tragedi mengerikan. Namun, kini arti foto itu berubah selamanya.

Victoria tewas dalam kecelakaan lalu lintas bersama temannya, Pricilla Perez Torres, di Dubai, pada Minggu (7/3/2016) waktu setempat.

Kematian gadis itu menjadi pukulan tersendiri, tak hanya bagi keluarga Victoria, tetapi juga bagi Jimmy Proude, yang menyelamatkan nyawa gadis itu tiga tahun lalu.

"Keluarga saya sangat terpukul dengan kabar kematian teman terkasih kami, Victoria McGrath," kata Proude beberapa jam setelah mendapatkan kabar buruk ini.

"Setelah bom maraton Boston, Victoria menjadi bagian dari keluarga kami. Banyak yang mengatakan, saya menyelamatkan nyawanya. Namun, dialah yang sebenarnya menyelamatkan saya," tambah Proude.

"Dengan cintanya, dukungan, dan persahabatan yang diberikannya, dia menolong saya untuk bisa mengatasi akibat dari peristiwa tersebut," lanjut Proud.

Satu orang lain yang juga terpukul atas kematian Victoria adalah Bruce Mendehlson, yang mengikat kaki perempuan itu untuk mencegah pendarahan lebih parah.

Mendehlson mengenang, dia berlari menghampiri Victoria, mengikatkan selendang di bawah luka perempuan itu, lalu memanggil Proude, yang kemudian menggendong Victoria dari lokasi ledakan.

Juru bicara Universitas Northeastern, tempat Victoria menuntut ilmu, mengatakan, seharusnya gadis itu lulus pada musim semi ini dari fakultas ilmu bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com