Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebocoran Gas di Tambang Batubara Baishan, 12 Orang Tewas

Kompas.com - 07/03/2016, 11:52 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Sebanyak 12 orang tewas akibat bocornya gas beracun di kawasan tambang batubara di Baishan, Provinsi Jilin, timur laut China, Minggu kemarin.

Kantor berita Xinhua, yang dikutip AFP, Senin (7/3/2016), menyebutkan, hanya satu petambang yang berhasil diselamatkan. Sementara itu, penyebab kebocoran gas hingga kini masih diselidiki.

Selama ini, penambangan batubara dikenal di China sebagai industri yang membahayakan para pekerjanya.

Standar keselamatan industri kerap diabaikan di China, sekalipun kecelakaan yang merenggut korban jiwa sering menghiasi halaman koran-koran nasional di negeri itu. 

Sejarah mencatat, kecelakaan tambang batubara terbesar di China merenggut 931 nyawa. Kecelakaan itu terjadi pada tahun 2014 lalu. 

Terkait hal ini, pihak pemerintah menyatakan, seiring waktu, jumlah korban yang tewas dalam peristiwa di tambang barubara terus menurun.

Namun ,beberapa kelompok hak asasi di China meyakini bahwa angka korban tewas dalam kecelakaan tambang jauh lebih besar dari angka-angka yang dilaporkan oleh pemerintah setempat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com