Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Transparan Mirip "Hantu Casper" Ditemukan di Hawaii

Kompas.com - 07/03/2016, 05:00 WIB
KOMPAS.com - Hewan sejenis gurita namun transparan mirip "hantu Casper" di layar kaca, ditemukan di laut di wilayah Hawaii, Amerika Serikat.

Hampir dipastikan bahwa hewan ini merupakan sebuah spesies baru. Hewan laut itu ditemukan kapal selam di kedalaman sekitar empat kilometer di Perairan Pulau Necker.

Ahli sains dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Michael Vecchione mengatakan, penemuan jenis gurita tanpa sirip itu merupakan kali pertama.

Hewan itu telah diberi nama "casper" seperti sosok hantu dalam film kartun. Sel pigmen yang minim dari hewan sejenis gurita ini menyebabkan warna kulitnya bercahaya.

"Ini hampir dipastikan merupakan spesies yang belum pernah ditemukan," kata Michael Vecchione yang menyebutnya sebagai sebuah gurita kecil yang luar biasa.

Seperti diberitakan laman BBC Indonesia, jenis octopoda (gurita) yang hidup di laut dibagi dalam dua kategori yakni, cirrina, atau 'dumbo', gurita dengan sirip, atau octopoda incirrina, tidak memiliki sirip.

Vecchione menjelaskan ciri dari casper ini lebih mendekati octopoda incirrina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com