Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Kapal Induk dan 3 Kapal Perang ke Laut China Selatan

Kompas.com - 05/03/2016, 17:53 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kapal induk Angkatan Laut AS USS John C Stennis dikabarkan sedang berlayar menuju ke Laut China Selatan.

Kapal ini didamping kapal penjelajah USS Mobile Ray dan kapal perusak USS Stockdale dan USS Chung-hoon. Demikian juru bicara Armada Pasifik AS Clay Doss, Jumat (4/3/2016).

Doss, kepada harian The Washington Post, mengatakan, bahwa kapal induk itu berlayar dalam tugas rutin di kawasan yang menjadi sengketa itu.

Dia menambahkan, angkatan laut AS akan secara reguler berpatroli di Laut China Selatan yang diperebutkan sejumlah negara ini.

Sejak Oktober tahun lalu, angkatan laut AS telah menggelar dua patroli di Laut China Selatan, termasuk yang dilakukan USS Lassen yang dipersenjatai misil berpemandu laser.

Saat itu, USS Lassen sempat berlayar di wilayah 12 mil laut yang diklaim China sebagai wilayah negeri itu.

Beijing berulang kali menyalahkan pemerintah AS sebagai penyebab militerisasi di kawasan yang diklaim Negeri Tirai Bambu tersebut.

Meski demikian, Pentagon bersikukuh kapal-kapal perang AS akan tetap berlayar di perairan itu karena selama ini dianggap sebagai perairan internasional.

"Kami menilai langkah AS mengirim kapal perang dan pesawat tempur di dekat Kepulauan Spratly dan sejumlah karang sebagai bentuk unjuk kekuatan bukan hal yang baik," kata juru bicara Kongres Nasional China, Fu Ying mengomentari keberangkatan kapal induk USS John C Stennis.

"Langkah AS ini memunculkan rasa muak di kalangan rakyat China," tambah Fu.

Pemerintah AS, lanjut Fu, selalu mengatakan berada dalam posisi netral dalam masalah sengketa di Laut China Selatan.

"Namun AS terus melakukan hal yang memicu ketegangan sehingga memunculkan pertanyaan serius terkait motif mereka," ujar Fu.

"Jika Anda perhatikan dengan seksama, justru AS yang mengirimkan pesawat-pesawat canggih dan kapal perang ke Laut China Selatan," tambah Fu seperti dikutip The Strait Times.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com