Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemimpin Politik Malaysia Bersatu Tuntut PM Najib Razak Mundur

Kompas.com - 04/03/2016, 18:02 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Para pemimpin berbagai partai politik Malaysia, Jumat (4/3/2016), bersatu dan menyerukan agar PM Najib Razak mengundurkan diri dari jabatannya.

"Kami menyerukan kepada semua rakyat Malaysia dari berbagai ras, agama, latar belakang politik, tua, dan muda untuk bergabung dengan kami menyelamatkan Malaysia dari pemerintahan Najib Razak," demikian isi pernyataan bersama itu.

Aliansi bersejarah ini menyatukan para politisi yang dulunya berseteru dan dipimpin mantan PM Mahathir Mohammad (90), yang berulang kali menyerukan pelengseran Najib yang diduga melakukan korupsi.

Berbicara dalam jumpa pers di Kuala Lumpur, Mahathir yang pekan lalu menyatakan keluar dari UMNO mengatakan, kelompok ini memiliki satu tujuan yang sama.

"Kita harus menyingkirkan Najib dari kursi perdana menteri," kata Mahathir.

Najib Razak (62) berada dalam tekanan selama satu tahun terakhir terkait dugaan pencurian uang miliaran dollar AS dari sebuah perusahaan negara yang didirikannya.

Selain itu, Najib juga mengaku menerima dana asing sebesar 681 juta dollar AS. Selain itu, kerap dikabarkan bahwa keluarga Najib hidup mewah, boros membelanjakan uang, dan selalu bepergian menggunakan jet pribadi.

Bahkan sebelum dugaan korupsi ini muncul, Najib juga dikritik karena memberangus kebebasan berpendapat, membiarkan perseteruan etnis melebar, dan tak piawai mengurus perekonomian negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com