Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Lingkungan Honduras Dibunuh, Leonardo DiCaprio Berduka

Kompas.com - 04/03/2016, 17:48 WIB
TEGUCIGALPA, KOMPAS.com - Seorang aktivis lingkungan yang berjuang untuk menghentikan pembangunan sebuah PLTN dan pertambangan di tanah milik warga asli Honduras, tewas ditembak di kediamannya, Kamis (3/3/2016).

Berta Caceres, seorang guru berusia 43 tahun itu, tewas ditembak dua orang pria di kediamannya di La Ezperanza, Honduras, 180 kilometer sebelah barat ibu kota Tegucigalpa.

Demikian dijelaskan Menteri Keamanan Honduras Julian Pacheco yang mengecam keras serangan tersebut.

Berta yang berulang kali mendapatkan ancaman pembunuhan, pernah meraih penghargaan Goldman Environment Prize pada 2015.

Penghargaan itu diberikan atas perjuangan perempuan ini mencegah pembangunan bendungan bernilai 50 juta dollar AS yang berpotensi mengakibatkan ratusan orang suku Indian kehilangan tempat tinggal.

Kematian Berta ini serta merta memicu unjuk rasa para mahasiswa Universitas Otonomi Nasional. Sebagai bentuk protes mereka memblokir sejumlah ruas jalan di dekat kampus.

Mereka juga memecahkan kaca gerai Burger King setempat dan melempari polisi antihuru-hara dengan menggunakan batu.

"Pembunuhan Berta adalah sebuah tragedi yang pasti terjadi. Selama bertahun-tahun, Berta sudah menjadi korban pelecehan dan ancaman untuk menghentikan perjuangannya membela warga asli negeri ini," kata Erika Guevara-Rosas, direktur Amnesty Internasional Amerika.

Ucapan bela sungkawa juga datang dari aktor pemenang Oscar 2016, Leonardo DiCaprio yang dalam pidato kemenangannya menyerukan perlunya membela lingkungan.

"Sebuah berita sedih datang dari Honduras pagi ini. Kita harus menghormati perjuangan berani (Berta) Caceres," ujar Leo lewat akun Instagramnya.

"Dunia sudah kehilangan seorang pemimpin hebat. Kita harus menghormati perjuangan Caceres, seorang ekologis, humanis dan inspirasi bagi kita semua," tambah bintang film The Revenant itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com