Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Ular Piton Berenang, Seorang Pria Diselidiki Polisi

Kompas.com - 04/03/2016, 06:30 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan dan Perlindungan Alam serta Kepolisian Queensland tengah menyelidiki seorang pria yang merekam aksinya berenang bersama ular peliharaannya.

Dalam video itu terlihat pria tersebut minum bir sambil berenang bersama dengan hewan peliharaannya seekor ular piton di Tallebudgera Creek. Video itu menyebar di internet pekan ini.

Juru bicara lembaga penyayang binatang RSPCA Queensland, Michael Beatty mengatakan tindakan pria itu bisa dikenakan pasal penyiksaan hewan.

"Itu tindakan yang kejam, tapi juga sangat bodoh ketimbang melakukan pelanggaran penyiksaan terhadap hewan," kata Beatty.

"Saya yakin pria ini mungkin berpikir dia menyanyai ularnya," lanjut dia.

Namun, pakar reptil RSPCA mengatakan, ular itu berpotensi besar berada pada situasi tertekan.

"Meskipun ular sesekali akan berenang ke perairan, tapi hal itu bukan sesuatu yang mereka lakukan secara rutin," katanya.

"Ular itu akan berusaha keluar dari air secepat mungkin dan tindakan pria itu justru malah menceburkan ularnya ke dalam air."

Beatty mengatakan tampaknya pria itu telah melanggar sejumlah pasal dari izin kepemilikan ularnya.

"Ular tersebut harus berada di dalam kandang tertutup di rumah, Anda tidak dibenarkan untuk membawanya keluar kecuali memang jelas keperluannya, apakah untuk dibawa ke dokter hewan atau Anda memiliki izin khusus untuk keperluan pendidikan," katanya.

"Tampaknya pria ini tidak memiliki keperluan alasan semacam itu," tambah Beatty.

Dalam pernyataannya, Departemen Lingkungan dan Perlindungan Alam Queensland mengatakan pihaknya tengah bekerjasama dengan kepolisian setempat untuk menyelidiki kasus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com