Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tangan Kanan" Kim Jong Un Masuk Daftar Hitam

Kompas.com - 03/03/2016, 14:54 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Amerika Serikat, Kamis (3/3/2016), memasukkan Hwang Pyong So, tokoh yang menjadi tangan kanan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, ke dalam daftar hitam. Pyong So adalah Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional, komisi yang diketuai Jong Un.

Langkah AS itu dilakukan setelah Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan suara bulat menjatuhkan sanksi baru lebih keras kepada Korea Utara (Korut), Rabu. Sanksi untuk mengisolasi Korut diberikan karena pemerintah tersebut mengabaikan peringatan PBB terkait program nuklir.

Pyong So adalah wakil Jong Un di Komisi Pertahanan Nasional (NDC). Ia adalah salah satu dari petinggi Korut dalam daftar Specially Designated Nationals (SDNs) yang dikeluarkan oleh badan Pengawas Aset Asing pada Departemen Keuangan AS.

Menurut otoritas keuangan AS, Pyong So bersama 16 individu lainnya masuk dalam datar larangan bepergian dan pembekuan aset. Langkah-langkah itu juga diarahkan untuk melarang warga AS bertransaksi atau berhubungan dengan belasan individu Korut itu.

Sosok Pyong So amat disegani di Korut karena merupakan orang yang paling dipercaya oleh Jong Un. Ia telah dipromosikan secara maraton ke tingkat elite kepemimpinan Korut dalam beberapa tahun ini setelah Jong Un menjadi pemimpin tertinggi Korut.

Pria berusia lebih dari 60 tahun itu telah dikaitkan dengan Jong Un pada tahun 2000-an ketika dia kali pertama disebut dalam laporan media massa Pemerintah Korut.

Otoritas Keuangan AS juga memasukkan O Kuk Ryol, satu dari tiga orang yang paling menentukan di balik pengembangan program senjata nuklir Korut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com