Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Emirates Pecahkan Rekor Penerbangan Komersial Terjauh

Kompas.com - 02/03/2016, 21:15 WIB

AUCKLAND, KOMPAS.com - Sebuah pesawat Airbus A380 milik maskapai penerbangan Emirates yang terbang non-stop dari Dubai mendarat di Auckland, Selandia Baru, Rabu (2/3/2016).

Pesawat ini terbang pada Selasa (1/3/2016) dari Dubai, Uni Emirat Arab dan telah menerbangi jarak sekitar 14.200 kilometer sebelum tiba di Auckland.

Penerbangan perdana Emirates dari Dubai ke Auckland ini menggusur rekor rute terjauh sebelumnya yang dipegang Qantas.

Pada September 2014, maskapai penerbangan Australia itu menempuh jarak 13.800 kilometer dari Sydney menuju ke Dallas, AS.

Meski dalam penerbangan perdana ini Emirates menggunakan Airbus A380 dan menghabiskan waktu kurang dari 16 jam, namun nantinya rute ini akan dilayani secara reguler dengan menggunakan Boeing 777.

Sementara itu, perjalanan kembali ke Dubai diperkirakan memakan waktu 17 jam dan 15 menit dan akan menjadi penerbangan komersial non-stop terpanjang.

Namun, rekor ini nampaknya tak akan bertahan lama, karena akhir bulan ini Emirates akan meluncurkan rute Dubai-Panama City dengan waktu tempuh 17 jam dan 35 menit.

Rival Emirates, Qatar Airways juga memiliki rencana tersendiri. Akhir tahun ini, maskapai ini akan meluncurkan penerbangan dari Doha menuju Santiago, Chile.

Rute ini akan menjadi jarak penerbangan komersial terpanjang dan hanya lebih jauh 225 kilometer dibanding rute Dubai-Auckland.

Qatar Airways juga akan membuka rute ke Auckland. Dan, karena Doha berada di sebelah barat Dubai maka jarak yang akan ditempuh menjadi lebih jauh 321 kilometer.

Di sisi lain, Singapore Airlines dikabarkan berencana untuk meluncurkan kembali rute Singapura-New York yang menempuh waktu 19 jam dan jarak lebih dari 15.000 kilometer pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com