Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Umat Islam di Inggris Tembus 3 Juta Jiwa

Kompas.com - 02/03/2016, 15:00 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Jumlah umat Muslim di Inggris untuk kali pertama menembus angka tiga juta jiwa. Demikian data Badan Nasional Statistik (ONS), yang dirilis pada akhir Januari 2016.

Data ONS menunjukkan, warga Muslim di Inggris berjumlah 3.114.992 orang pada 2014 atau setara 5,4 persen dari total populasi.

Menurut mingguan Mail on Sunday yang mendapatkan data ONS, kenaikan jumlah umat Muslim ini disebabkan imigrasi dan tingkat kelahiran.

Di beberapa kawasan di ibu kota London, proporsi penduduk Muslim mencapai hampir 50 persen, seperti di Tower Hamlets dan Newham di London timur.

Mingguan ini memperkirakan, jika tren ini berlanjut, umat Muslim akan menjadi warga mayoritas di dua kawasan tersebut dalam kurun 10 tahun mendatang.

Sementara itu, wilayah di luar kota London yang memiliki proporsi warga Muslim cukup signifikan adalah Blackburn (29 persen), Slough (26 persen), Luton (25,7 persen), Birmingham (23 persen), Leicester (20 persen), dan Manchester (18 persen).

Mengomentari data ini, juru bicara Dewan Muslim Inggris mengatakan bahwa data statistik ini menunjukkan keberagaman masyarakat Inggris modern.

Islam adalah salah satu agama dengan pertumbuhan tertinggi di Inggris. Pada 1991, jumlah warga Muslim di Inggris tercatat hanya 950.000 jiwa atau sekitar 1,9 persen dari total penduduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com