Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Mencontek, Ribuan Calon Tentara India Kerjakan Tes Sambil Kenakan Cawat

Kompas.com - 01/03/2016, 16:05 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Angkatan darat India menerapkan cara unik untuk mencegah para pemuda yang ingin jadi tentara mencontek dalam ujian tertulis.

Sejumlah laporan pada Selasa (1/3/2016) menyebutkan, para peserta diperintahkan mengerjakan ujian tertulis dengan hanya mengenakan celana dalam.

Harian Indian Express menampilkan puluhan pemuda duduk bersila di lapangan dengan hanya mengenakan celana dalam.

Sementara itu, seorang pengawas berseragam militer dengan ketat mengawasi tes yang digelar di kota Muzzafarpur, Bihar, itu.

Seorang sumber angkatan darat yang dikutip Indian Express mengatakan, langkah radikal ini diambil untuk menghemat waktu pemeriksaan peserta ujian yang mencapai 1.000 orang itu.

"Kami tak memiliki pilihan selain menjalankan perintah meskipun perintah itu terasa aneh," ujar sumber tersebut.

Sementara itu, juru bicara angkatan darat di New Delhi menolak mengomentari laporan yang muncul setahun setelah polisi negara bagian Bihar menangkap 1.000 orang perwira yang membayar joki untuk melaksanakan ujian.

Mencontek dengan berbagai cara, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih, adalah hal biasa di India.

Alasannya adalah agar mendapatkan nilai cukup untuk masuk ke sekolah berkualitas dan mendapatkan pekerjaan di pemerintahan.

Bihar, salah satu negara bagian terpadat sekaligus termiskin di India, sangat dikenal dengan kebiasaan warganya mencontek.

Tahun lalu, sebuah skandal mencontek diungkap di negara bagian ini. Saat ujian negara digelar, keluarga para siswa menggunakan berbagai cara untuk mengirimkan catatan kepada para peserta ujian di dalam kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com