Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Indonesia Negara Paling Optimistis Kedua di Dunia

Kompas.com - 01/03/2016, 14:00 WIB
KOMPAS.com — Dibanding negara Barat, negara di Asia merasa lebih yakin bahwa dunia akan menjadi lebih baik. Studi yang dilakukan YouGov ini juga menempatkan Indonesia di papan atas negara paling optimistis di dunia.

1. China

China merupakan negara yang dianggap paling optimistis sedunia. Sebanyak 41 persen warga negeri itu percaya bahwa dunia akan menjadi lebih baik untuk ditinggali.

2. Indonesia

Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com Bundaran Hotel Indonesia, Senin (27/7/2015). Kepadatan mulai terjadi pada hari Senin di minggu kedua pasca libur Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.
Memang Indonesia masih menghadapi banyak masalah. Namun, berbagai masalah tidak menjadikan Indonesia sebagai bangsa pesimistis.

YouGov menempatkan Indonesia sebagai negara paling optimistis kedua di dunia. Sebanyak 23 persen responden Indonesia mengungkapkan keyakinan mereka bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik.

3. Arab Saudi

Reuters Pemandangan ibu kota Arab Saudi, Riyadh.
Negara kaya minyak ini berada di posisi ketiga. Menurut jajak pendapat ini, sebanyak 16 persen warga Arab Saudi percaya bahwa dunia akan menjadi lebih baik dibandingkan sekarang.

4. Thailand

AFP Pemandangan kota Bangkok.
Dengan 11 persen warganya yang menganggap bahwa dunia dapat menjadi lebih baik, Thailand menempati posisi keempat sebagai negara paling optimistis.

5. Uni Emirat Arab

AP PHOTO / KAMRAN JEBREILI Orang-orang menggunakan kendaraan rekreasi di distrik Marina, Dubai, Uni Emirat Arab, 10 April 2015.
Negara federasi yang terdiri dari tujuh keemiran ini menempatkan diri di peringkat kelima negara-negara paling optimistis sedunia.

Sebanyak 10 persen warga dari negara yang kaya minyak ini berpendapat bahwa dunia akan menjadi lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com