Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Mohamad Tinggalkan Partai UMNO

Kompas.com - 01/03/2016, 12:50 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohamad, mengundurkan diri dari partai berkuasa UMNO.

Langkah ini diambil Mahathir sebagai protes terhadap apa yang dia sebut sebagai dukungan partai terhadap korupsi.

"Saya ingin menginggalkan UMNO karena partai ini bukan lagi UMNO (yang saya kenal)," ujar Mahathir, perdana menteri Malaysia 1981-2003.

Mahathir mengatakan, dirinya tidak bisa dihubungkan dengan partai yang mendukung tindakan perdana menteri saat ini, Najib Razak, yang diduga terlibat skandal keuangan berjumlah jumbo.

"Partai ini sekarang menjadi partai yang mendedikasikan diri untuk melindungi Najib," tambah Mahathir.

Pada Januari, Najib dinyatakan tidak terlibat korupsi setelah sejumlah pejabat mengatakan dana sekitar 700 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,3 triliun, yang ada di rekening pribadinya adalah hadiah dari keluarga kerajaan Arab Saudi.

Pada awal Februari, mantan perdana menteri Malaysia tersebut diselidiki karena dituduh memfitnah Jaksa Agung karena kritiknya terkait dakwaan korupsi atas Perdana Menteri Najib Razak.

Dalam tulisan di blognya pada 5 Februari, Mahathir menyebut penunjukan Jaksa Agung Mohamed Apandi Ali berlangsung secara tidak tepat.

Dia menambahkan,  Apandi tidak punya kredibilitas setelah memutuskan PM Najib Razak bersih dari dakwaan kriminal ataupun korupsi terkait dengan dana di rekening pribadinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com