Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hemat Anggaran, Nigeria Bersihkan Lebih dari 23.000 PNS "Siluman"

Kompas.com - 29/02/2016, 12:14 WIB

LAGOS, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan Nigeria "membersihkan" lebih dari 23.000 orang pegawai negeri "siluman" dari daftar gaji.

Pegawai siluman ini secara fisik tidak ada namun nama mereka masuk ke dalam daftar gaji. Akibatnya, pemerintah Nigeria harus mengeluarkan uang untuk mereka.

Para pegawai 'siluman' itu ditemukan setelah proses audit yang digelar sejak Desember tahun lalu oleh menteri keuangan yang baru, Kemi Adeosun.

Dengan dibersihkannya pegawai yang tidak pernah ada tersebut pemerintah mengaku menghemat sekitar Rp 154 miliar setiap bulannya.

Perhitungannya setiap pegawai 'siluman' itu mendapat gaji sebesar sekitar 500 dollar AS atau Rp 6,7 juta sebulan..

"Pemerintah federal sudah mencabut 23.846 pekerja yang tidak ada dari daftar gaji," kata  Festus Akanbi, penasehat khusus menteri keuangan, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Audit yang dilakukan kementerian keuangan ini merupakan bagian dari upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan Presiden Muhammadu Buhari, yang berkuasa tahun lalu.

Perekonomian Nigeria belakangan ini mendapat tekanan dengan anjloknya harga minyak dunia, yang merupakan ekspor utama negara ini.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk menemukan pegawai 'siluman' ini dilakukan dengan menggunakan data biometrik dan nomor verifikasi bank, yang digunakan pemilik rekening penerima gaji bulanan tersebut.

Ternyata sebagian nama pegawai negeri yang sah menerima gaji tidak berhubungan sama sekali dengan rekening bank lainnya yang juga menerima kiriman gaji bulanan. Dalam beberapa kasus ada individu yang menerima gaji dari berbagai sumber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com