Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Mantan Presiden Calderon Sandingkan Trump dengan Hitler

Kompas.com - 28/02/2016, 09:47 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Mantan Presiden Meksiko, Felipe Calderon, menyerang kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump.

Dia membandingkan pengusaha kaya raya itu dengan tokoh diktator Jerman, Adolf Hitler. Menurut Calderon, keduanya mempunyai kesamaan dalam hal sikap rasial.

Sang mantan Presiden lalu mengingatkan, kemenangan Trump dalam beberapa tahap pemilihan awal di beberapa negara bagian di AS telah menambah "amunisi" terhadap munculnya gerakan anti-Amerika di dunia.

"Pernyataan Trump tentang anti-imigran tidak semata-mata ditujukan kepeda semua imigran, tetapi juga semua orang yang memiliki warna kulit berbeda dengan dia, dan itu jelas rasial," ungkap Calderon, seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (28/2/2016).

Trump dinilai telah mengeksploitasi ketakutan. "Persis seperti apa yang dilakukan Hitler," kata dia.

Sebelumnya, mantan Presiden Meksiko, Vicente Fox, menyebut Donald Trump "gila" dan menggunakan kata "F" untuk mengecam bakal calon presiden AS itu.

Fox mengecam Trump yang menuntut Meksiko membayar untuk pembangunan sebuah tembok di perbatasan.

"Saya tidak akan membayar untuk tembok itu. Dia (Trump) yang harus membayarnya. Dia punya uang," ujar Fox kepada sebuah situs jaringan stasiun televisi AS.

Baca: Mantan Presiden Meksiko Gunakan Kata "F" untuk Kecam Donald Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com